Belajar bukan hanya untuk anak sekolah, menjadi orang tua yang baik juga memerlukan pendidikan agar kita dapat mendidik anak menjadi yang lebih baik dari kita.

Friday 10 October 2014

Menjadi Orang Tua Yang Baik

alanis

Menjadi Orang Tua Yang Baik merupakan keinginan setiap orang tua. Berdasar kepada pendidikan apa yang telah orang tua berikan kepada anak menjadi bahan motivasi bagi tumbuh kembang anak. Setiap pendidikan yang diberikan akan membuat anak kita merasa lebih diperhatikan, bukan sekedar materi belaka. Jika anak anda mengalami degadrasi perhatian membuat anak semakin liar, susah diatur. Berikut ini adalah tips untuk Menjadi Orang Tua Yang Baik :

Menjadi Orang Tua Yang Baik

GEMS (Genuine Encounter Moments) :
Dari tulisan diatas, perhatian memang penting kita tujukkan kepada anak. Luangkanlah waktu bersama mereka. Dalam kesempatan itu, anda bisa menjadi "teman" mereka. Teman untuk mendengarkan cerita, pancing anak anda agar mau bercerita dengan santai. Hindari luapan emosi anda ketika mengetahui anak anda bersalah. Cobalah mencari solusi bersama mereka. Hal ini membuat anak anda akan lebih merasa diperhatikan. 
Berikan Contoh Bukan Kata :
Dari hasil penelitian para ahli, Orang tua cenderung dalam kesehariannya terbiasa untuk mengeluarkan kalimat perintah kepada anaknya. Tapi disini saya ingin berbagi bagaimana cara memerintah yang baik kepada anak anda. Janganlah hanya sekedar mengeluarkan kalimat perintah untuk Menjadi Orang Tua Yang Baik melainkan berikan contoh perbuatan langsung, pertama ajak mereka mengerjakan hal yang menjadi perintah anda. Ketika mereka bisa mengerjakannya anda bisa mulai memberi kesempatan kepadanya untuk melakukan sendiri. Misal: Jangan suruh anak merapikan ruang tamu, melainkan ajaklah anak anda bersama dengan anda tentunya untuk memulai merapikannya sedikit demi sedikit.
Anak anda Powerfull :
Tips Menjadi Orang Tua Yang Baik berikutnya adalah berilah kesempatan kepada anak anda untuk membuat keputusan. Keputusan itu bisa menambah rasa percaya diri anak ketika mereka bergaul dengan teman sebayanya. Ketika anda melihat kekurangan dalam keputusan anak, anda dapat menambahkannya. 
Hindari Konflik :
Ketika anak anda marah kepada anda, biasanya sang anak akan berteriak kepada anda, mulailah menjauh. Apabila tetap berteriak, anda bisa bilang: Jika kamu tetep berteriak, maka Ibu akan semakin menjauh dari adek/kakak. Cara ini memang terbukti ampuh untuk meredam emosi anak.
Orang Tua Konsisten :
Konsisten dengan pernyataan-pernyataan kepada anak membuat anak tidak mencoba merayu anda. Konsisten disini pastilah yang dianggap negatif untuk anak. Misal: Ketika anak anda menginginkan permen, anda jangan pernah menjanjikannya permen ketika anda membutuhkan bantuan anak anda. Menurut saya Menjadi Orang Tua Yang Baik memang perlu untuk bersabar dan konsisten.

1 comments:

  1. Menjadi orang tua yang baik menjadi lebih mudah jika pasangan kita juga bekerja sama mewujudkan hal itu

    ReplyDelete